Mengapa EDX Market yang Didukung Citadel Mencantumkan Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash?

Trading on Smartphone and Laptop

Photo by Marga Santoso on Unsplash

Regulator tampaknya sudah cukup banyak memberikan penjelasan tentang keempat aset digital ini untuk meyakinkan Wall Street

Bitcoin Cash merupakan aset digital yang sedikit kurang jelas (salah satu dari sekian banyak “fork” mata uang kripto – mengikuti Bitcoin), seperti banyak koin dan token lainnya yang harganya melonjak sejak aset digital terbesar (Bitcoin) ini mengalami lonjakan. Namun, sejauh ini BCH tampil sebagai yang terbaik.

Bursa EDX, yang baru saja diluncurkan minggu lalu, memutuskan untuk mengizinkan trader yang tergabung (investor institusi saja) untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash. Alasannya sederhana : Kepastian regulasi.

Bitcoin Cash Chart June 2023
Sumber : Coindesk

Youwei Yang, Kepala Ekonom di BTCM, menambahkan bahwa keempat aset tersebut “secara luas dianggap sebagai komoditas digital, sehingga relatif aman” dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS karena mata uang crypto tersebut dibuat dari listrik sehingga dikategorikan sebagai komoditas.

Dilansir dari decrypt.co,Pada bulan Februari 2023, Kraken dikenakan denda $30 juta karena dituduh tidak mendaftarkan penawaran dan penjualan program staking-as-a-service aset kripto.

Penindakan ini karena Ketua SEC Gary Gensler berpandangan – dan ia telah mengatakannya selama bertahun-tahun – bahwa sebagian besar mata uang kripto adalah sekuritas yang tidak terdaftar.

Gary Gensler juga telah menjelaskan bahwa Bitcoin adalah sebuah komoditas, namun ia belum memberikan pandangan yang jelas mengenai Ethereum, tetapi Komisi Perdagangan Komoditas dan Berjangka (CTFC) mengatakan bahwa Ethereum adalah komoditas.

Bitcoin Cash dan Litecoin keduanya merupakan Bitcoin fork – mata uang kripto baru yang muncul dari kode asli Bitcoin – yang berarti cenderung memiliki status yang sama di mata regulator.

Greg Moritz, Co-Founder di hedge fund kripto AltTab Capital, mengatakan bahwa “tidak ada yang terdaftar di SEC sebagai sekuritas yang tidak terdaftar,” dan menambahkan bahwa keempat aset tersebut sudah mapan dan memiliki catatan historis, “faktor kunci dalam proses pengambilan keputusan para pendiri EDX.”

CEO EDX Markets Jamil Nazarali juga mengatakan bahwa ia merasa “sangat yakin” bahwa keempat aset tersebut bukanlah sekuritas.

Untuk saat ini, keempat mata uang kripto “jadul” ini akan memberi investor “jadul” pengalaman tentang dunia kripto. Tetapi banyak hal bisa berubah, kata Feng. “Seiring berkembangnya peraturan dan pemahaman tentang cryptocurrency yang berbeda menjadi lebih beragam, kami dapat memprediksi bursa seperti EDX akan memperluas penawaran mereka,” tambahnya.